Macam Obat Pembersih Kolam Renang yang sering digunakan.

Macam Obat Pembersih Kolam Renang yang sering digunakan.

Januari 30, 2020 Cara Perawatan Kolam Renang Macam Obat Pembersih Kolam Renang Uncategorized 0
Macam Obat Pembersih Kolam Renang yang sering digunakan.

Macam Obat Pembersih Kolam Renang yang sering digunakan.

Macam Obat Pembersih Kolam Renang yang sering digunakan –  Kolam renang tanpa dibantu salah satu obat pembersih kolam renang maka tidak akan menghasilkan air kolam yang jernih dan sehat, Selain itu bentuk kegiatan perawatan kolam renang seperti vacuum dasar dan penambahan obat pembersih yang rutin juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kuwalitas air kolam renang. Maka dari itu wajib bagi anda pemilik kolam renang untuk mengetahui macam obat kolam renang tersebut. Untuk mengetagui hal tersebut berikiut penjerlasan singkatnya :

Baca juga : VACUUM CLEANER KOLAM RENANG APA SAJA ? BERIKUT PENJELASANNYA!!!

Chlorine

Chlorine atau disebut Kaporit memiliki dua type yaitu kaporit 60% dan kaporit 90% ( granular ), dan memiliki fisik yang berbeda beda pula untuk kaporit jenis 60 % memilki fisik serbuk bubuk warna putih dan jenis kaporit 90% atau granular memiliki bentuk fisik putih kasar seperti beras. Masing masing berguna untuk menjernihkan dan membunuh kuman. Namun biasanya setiap kolam renang hanya cukup satu jenis mau pakai 60% atau 90% tergantung keperluan.

Cara penggunaan khusus perawatan Untuk kasitas 25 –  50m3 air gunakan :

  • granular 90% = 1/4 Kg Per 3 Hari sekali
  • Kapaorit 60% = 1/2Kg Per 3 Hari sekali

Catatan : Plih salah satu atau yang biasa digunakan, Kalau saran kami kaporit 60 digunakan apabila air kolam hijau, tetapi kalau sudah jernih pakailah granular 90% lebih bagus dan hasil lebih cepat.

Chlorine Tablet 90%

Chlorine tablet 90% atau sering orang sebut TCCA 90% Adalah jenis chlorine atau kaporit yang memilki fisik tablet bulat dengan ukuran 200gram. Fungsi sama halnya dengan chorine 60% dan 90% yaitu membunuh kuman dan menjernihkan namun yang membedakan jenis ini memilki daya larut yang lama bisa 12 – 14 hari sehingga jenis ini biasa digunakan untuk mengontrol keadaan chlorine dalam air tetap stabil. sehingga tidak mudah drop hijau dan keruh.

Cara penggunaanya Untuk kapasitas 25 – 50m3 air guanakan : 2 Biji tablet dan guanaan saat keadaan biji tablet dalam air sudah larut biasanya 10 sampai 14 hari sekali.

Tussi atau Copper Sulphate

Orang kolam renang sering menyebut trussi. Digunakan sebagai anti lumut atau Alga dan juga membuat air bisa lebih bersih, namun harus mengikuti ukuran takaran yang di anjurkan. Apabila terlalu banyak penggunaan air juga tidak bagus akan berbuih minyak dan berkabut. Trusi memiliki bentuk fisik bongkahan crystal berwarna biru bening.

Cara penggunaanya Untuk kapasitas 25 – 50m3 air guanakan 1 sampai 2 genggam orang dewasa bisa di cairkan di ember lalu di tuang di kolam , atau bisa juga d masukkan secara langsung kedalam air kolam renang. Namun ingat ya? sesuai takaran.

Soda ASH

Soda Ash digunakan untuk menaikkan PH air kolam renang, namun cara ini biasanya sering di pakai saat water treatment awal saja, tetapi sebagian teknisi masih banyak menggunakan saat perawatan namun penggunaan dalam jumlah sedikit. Kadar PH air bisa di lihat dengan penggunakan TEST KIT dengan alat ini kita bisa mengatur tingkat PH dan CHL dalam air.

Cara penggunaanya Untuk kapasitas 25 – 50m3 air guanakan 1/2 – 1kg bisa di cairkan di ember lalu di tuang di kolam , atau bisa juga di masukkan secara langsung kedalam air kolam renang.

POLY ALUMINIUM CHLORIDE ( PAC )

PAC adalah salah satu obat kolam renang yang sering digunakan untuk water treatment atau penjernihan pertama atau saat keruh, hijau. Fungsi dari pac adalah mengikat kotoran air, lumut dan kuman dalam air kolam dan membentuk endapan dan gumpalan yang akan mengendap ke bawah saat mesin sirkulasi di matikan. Untuk hasil maksimal diutuhkan 2 jam sampi 8 jam. Bentuk PAC adalah serbuh bubuk berwarna kuning.

Cara penggunaan saat air kolam hijau, keruh : Kapasitas 25 – 50m3 membutuhkan 1/2 – 1kg PAC dengan cara di cairkan dan tuang di kolam setelah tercampur merata atau disirkulasi 1 jam – 2 jam habis itu matikan mesin sirkulasi untuk proses pengendapan. Untuk lebh jelasnya silahkan baca artikel kami tentang cara penjernihan air kolam renang

TAWAS 

Tawas adalah satu obat penjernih air kolam renang yang di gunakan saat water treatment / penjernihan pertama atau saat air kolam renang keruh hijau, Fungsi Tawas ini yaitu menetralisir hasil proses kimia, mempercepat proses pengendapan kotoran. Tawas juga bisa berfungsi sebgai obat yang bisa menurunkan kadar PH dan Chlorine kolam renang.

Cara penggunaan saat air kolam hijau, keruh : Kapasitas 25 – 50m3 membutuhkan 1 – 3kg Tawas dengan cara di cairkan dan tuang di kolam setelah tercampur merata atau disirkulasi 1 jam – 2 jam habis itu matikan mesin sirkulasi untuk proses pengendapan.

HCL Zat asam

salah atu obat cair yang meiliki kandungan asam yang tinggi, hcl biasanya digunakan untuk membersihkan kotoran kerak keramik dll namun cara pakainya harus dicampur air. Namun sedikit orang belum tahu bahwa hcl juga bisa digunakan untuk water treatment namun hanya air keadaan tertentu saja yang memakai zat ini dan harus memiliki pedoman cara pakainya. Hcl juga bisa berfungsi untuk mengurangi PH dan Chlorine dengan proses paling cepat.

Cara penggunaannya : untuk kapasitas air 25 – 50m3 cukup tuangkan 5 liter hcl dan tuangkan ke dalam air kolam renang, selanjutnya proses sirkulasi.

Baca juga :

Informasi kontak dan kosultasi silahkan klik tombol whatsapp di bawah ini :

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *