CARA MERAWAT KOLAM RENANG DI MUSIM HUJAN DAN CARA MENJERNIHKAN KEMBALI

CARA MERAWAT KOLAM RENANG DI MUSIM HUJAN DAN CARA MENJERNIHKAN KEMBALI

October 30, 2020 Cara Merawat Air Kolam Agar Tetap Jernih Cara Perawatan Kolam Renang Cara Perawatan Kolam Renang Semi Over flow / Over Flow 0
CARA MERAWAT KOLAM RENANG DI MUSIM HUJAN DAN CARA MENJERNIHKAN KEMBALI

CARA MERAWAT AIR KOLAM RENANG DI MUSIM HUJAN DAN CARA MENJERNIHKAN KEMBALI

Memiliki kolam renang berarti harus siap dengan segala bentuk konsekuensi perawatannya. Bicara soal perawatan kolam renang di musim hujan contohnya menjadi salah satu alarm agar segera mengerti dan memahami tips dan cara merawat kolam renang di musim hujan dengan baik dan benar. Hamper selalu terjadi air hujan akan memberikan dampak yang kurang baik terhadap kondisi kolam renang. Baik pada sisi konsstruksi hingga filtrasi. Kolam renang khususnya memasuki musim hujan memang selalu identik kebersihan airnya yang  memerlukan pengawasan lebih ketat,

Kotoran, pencemaran udara ke air dan kendala lainnya sering kali muncul secara tiba tiba, saat memasuki musim hujan anda akan dipaksa untuk lebih perhatian kepada kolam renang anda, hujan yang turun dan bercampur dengan air kolam akan berpotensi menjadi penyebab masalahkebersihan dan kesehatan kolam renang itu sendiri.

Dampak dari pengaruh air hujan yang perlu anda ketahui

1. Berlumut dan bakteri

Kolam renang saat musim hujan adalah timbulnya lumut dan berkembang biaknya bakteri, salah satu penyebab kemungkinannya adalah karena kadar kelembaban air (pH) yang tidak berimbang antara air hujan dengan air pada kolam renang.

Air hujan yang turut bercampur dengan air kolam akan menghasilkan Ph air kolam renang lebih tinggi. Hal itulah yang menyebabkan bakteri dan ganggang penyebab lumut berkembang di dasar atau di dinding kolam renang itu sendiri.

 

2. Volume air overcapacity

Dampak dari bertambahnya air kolam renang oleh air hujan menyebabkan volume air kolam menjadi overcapacity. Air hujan yang cukup lebat terlebih disertai dengan angin tentu berpotensi membawa kotoran seperti daun dan ranting pohon yang lama kelamaan akan mengendap di dasar kolam renang. Yang mana jika dibiarkan akan membuat kolam kehilangan nuansa bersihnya.

 

3. Berbau

Tidak bisa dipungkiri bahwa pengaruh air hujan tidak hanya berdampak pada warna dan kualitas airnya saja, tetapi air hujan bercampur dengan air kolam renangakan berdampak pada perubahan bau air kolam renang yang seringkali berubah menjadi anyir.

 

4. Air kolam renang menjadi hijau

Air hujan sebenarnya tidak jahat untuk kolam renang, bahkan air hujan memiliki kandungan kadar Ph yang juga dibutuhkan kolam renang, akan tetapi penambahan air hujan menjadi kurang baik ketika kadar chlorine dalam kolam renang rendah yang akan mengakibatkan air kolam renang berwarna hijau.

 

Mengatasi masalah kolam renang akibat air hujan

1. Mengukur alkalinitas air kolam renang

Memastikan kolam renang mengalami dampak serius dikarenakan air hujan, sebaiknya anda tau dulu kandungan alkalinitas totalnya. Tingkat alkalinitas sendiri adalah angka keseimbangan kandungan asam pada kolam renang. Apabila alkalinitas air kolam renang berkurang atau hilang maka dampaknya anda akan sulit untuk mengontrol kadar Ph nya, keseimbangan Ph air kolam renang membutuhkan 3 campuran obat yakni HCL,Soda Ash, Clorine.

Jika alkalinitas hilang maka HCL dan Soda Ash tidak akan bisa bereaksi dengan Clorine sehingga akan berdampak buruk pada kolam renang.

Cara untuk mengecek alkalinitas air kolam bisa dilakukan dengan alat khusus yaitu test kit alkali. Parameter tindakannya anda bisa menambah kimia alkalinity jika hasil cek alkalinitas air kolam berkurang atau hilang.

 

2. Perawatan kolam renang di musim hujan yang kerap menjadi masalah

Anda bisa mencegah potensi munculnya lumut dan berkembangnya bakteri pada air kolam renang anda, caranya dengan memastikan kestabilan Ph air kolam tetap seimbang saat memasuki dan juga selam musim hujan. Menjaga keseimbangan pH sangatlah penting mengingat bakteri penyebab lumut dan ganggang hijau tumbuh di kolam renang.

 

Mengatasi air kolam bau anyir

Bau anyir seringkali muncul pada kolam renang yang sudah terkontaminasi air hujan, salah satu cara untuk mengatasinya jika jika anda kurang setuju dengan mengosongkan air pada kolam renang adalah dengan cara menambahkan obat kimia secara berkala. Obat kimia yang biasa dipakai untuk mengatasi potensi bau pada air kolam renang adalah granular, kaporit tablet.

CARA MENJERNIHKAN AIR KOLAM RENANG BERWARNA HIJAU

Cara ini hanya bisa diterapkan untuk kolam renang konvesional yang perawatannya masih menggunakan chemical , tentunya tidak berlaku untuk kolam renang yang salt chlorinator( kolam renang garam) yang terpenting dalam pemberian chemical ini, kita harus memperhatikan takarannya, maksudnya pemberian obat chemical tidak boleh terlalu sedikit ataupun terlalu banyak, yang dimana pemberian chemical yang tidak sesuai takaran justru membuatkondisi air kolam renang bertambah buruk.

Jenis obat kolam renang yang harus disediakan sebagai berikut:

  1. 2 kg Kaporit yang berfungsi sebagai membunuh kuman dan menjernihkan air
  2. 2 kg pac yang berfungsi sebagai molekul pengikat kotoran sehingga akan menghasilkan gumpalan dan endapan lumut ataupun kotoran.
  3. ¼ kg trussi yang berfungsi sebagai obat anti lumut dan menjernihkan bentuk air warna biru.
  4. 3 kg tawas yang berfungsi menendapkan kotoran hasil pencampuran obat kolam renang.

 

Cara Menjernihkan kolam renang berwarna hijau

Tahapan yang harus diperhatikan sebelum memasukan obat kedalam air kolam renang pastikan dulu mesin kolam renang dalam keadaan mati, selanjutnya Handle Filter arahkan ke Recirculate dan pastikan juga posisi pipa dalam keadaan On atau Off, posisi pipa vaccum/skimmer box dalam keadaan On, Pipa maindrain dalam keadaan Off, dan pipa Inlet dalam keadaan posisi On, dan barulah nyalakan mesin kolom renangnya, Selanjutnya masukan kaporit yang sudah dicampur dengan air kedalam saluran skimmer box atau vaccum, setelah itu masukan PAC yang sudah dicampur dengan air kedalam saluran skimmer box atau vaccum, setelah itu masukan Soda Ash yang sudah dicampur dengan air kedalam saluran skimmer box atau vaccum, setelah itu masukan Trussi yang sudah dicampur dengan air kedalam saluran skimmer box atau vaccum, dan yang terakhir masukan Tawas yang sudah dicampur dengan air kedalam saluran skimmer box atau vaccum, tunggu sampai 15 menit sampai 20 menit biar obat tercampur rata ke dalam air kolam renang, Setelah 15 menit atau 20 menit matikan mesin kolam renang, Handle Filter yang tadi di arah Recirculate arahkan ke Filter, posisi pipa vaccum/skimmer box tetap dalam keadaan On, tetapi pipa maindrain dirubah dalam keadaan On dan dan pipa Inlet tetap dalam keadaan posisi On, lalu hidupkan mesin selama 4 – 8 jam agar kandungan obat yang dimasukan tadi tercampur dengan rata di kolam renang, setelah 4 – 8 jam nyala matikanlah mesin kolam renangnya kurang lebih selama 6 jam agar pengendapannya lebih maksimal.

setelah obat di masukan dan dan sistem pengendapan sudah dilakukan biasanya gumpalan dan endapannya akan banyak di dasar lantai kolam renang maka sudah saatnya di Vaccum dengan cara Vacuum Waste atau Buang, caranya sebagai berikut, Pastikan dulu mesin kolam renang dalam keadaan mati, Handle Filter arahkan ke Waste, dan pastikan juga posisi pipa dalam keadaan On atau Off, posisi pipa vaccum/skimmer box dalam keadaan On, pipa Maindrain dalam keadaan Off, tetapi kalau Vacuum Waste atau buang pipa pembuangan dalam posisi On, nah barulah nyalain mesin kolam renangnya dan sudah siap untuk vacuum Waste atau Buangnya.

 

Baca juga : Jasa Perawatan Kolam Renang

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *