Bagaimana Cara Perawatan Kolam Renang Private Pool ?

BAGAIMANA CARA PERAWATAN KOLAM RENANG RUMAH PRIBADI ( PRIVATE POOL )

Rutin Menyalakan Mesin Setiap Hari 4jam Sampai 8 Jam

Dengan menyalakan mesin sirkulasi setiap hari 4 jam sampai 8 jam maka kotoran debu dan yang berterbangan di air kemungkinan akan tersaring oleh sistem filter kolam renang. Sehingga langkah ini wajib dilakukan supaya kolam renang anda tidak mudah hijau, berlumut dan keruh.

Sikat Dinding dan Lantai Setiap Selesai Vacuum.

Hal selanjutnya dilakukan adalah sikat dinding, lantai dan bibir kolam renang, supaya sisa hasil endapan atau kotoran yang menempel di ubin bisa dipastikan bersih dan tidak membuat ubin kerak atau flag. Dengan melakukan kegiatan ini rutin minimal 3 hari sekali setelah vacuum maka dipastikan ubiin kolam renang akan tetap akan terlihat bersih. Mengapa dilakukan setalelah vacuum dasar ? karena apabila dilakukan sebelum vacuum kotoran lama yang sudah mengendap bakalan berhamburan dan membuat kita akan semakin merepotkan.

Backwash dan Rinse Filter Kolam Renang Setaip selesai Vacuum Dasar.

Tahukan Anda? bahwa pada setiap vacuum dasar kolam berjalan maka kotoran yang tertarik akan mengendap sementara di dalam filter apabila tidak dilakukan backwash atau cuci filter maka, lamban hari akan mengendap di dalam filter dan mengakibatkan gumpalan kotoran, apabila ini terjadi maka filter tidak akan berfungsi makasimal. Lalu apa Rinse itu ? Rinse sama halnya membilas , saat selesai backwah atau mencuci pasir filter maka langkah selanjutnya adalah di RINSE supaya di pastikan pasir filter sudah bersih

Rutin Vacuum Dasar Kolam 3 Hari Sekali.

Selain hal diatas langkah selanjutnya agar air jernih maksimal adalah tetap lakukan secara rutin yaitu vacumm dasar kolam renang, dengan perlengkapan yang sesuai fungsinya yaitu Vacuum head, Vacuum Hose, Telescopic Handle ,Pool Brush, leaf skimmer

Test PH dan CHLORINE Air Kolam Renang

Setelah anda melakukan hal di tas secara berurutan langkah selanjutnya adalah test PH dan CHlorine air kolam renang dengan menggunakan Test kit . Dengan alat test kit ini anda akan mendapatkan hasil apakah air kolam anda kurang PH / Chl atau sebaliknya kelebihan PH /Chl

Penambahan Obat Pembersih Kolam Renang.

Setelah anda melakukan test PH dan Chl tentunya anda mengetahui kadar air kolam renang apakah PH/CHL nya tinggi atau rendah. Untuk itu sebelum memasukkan Obat pembersih kolam renang hendaknya pelajari dahulu macam dan obat kolam renang yang sudah kami buatkan Artike sebelumnya.

Selalu Bersihkan Area Sekitar Kolam Renang

Area sekitar kolam renang merupakan salah satu faktor yang mengakibatkan air kolam renang kita cepat kotor, terutama taman yang terlalu rindang, mengakibatkan jumlah daun yang kering banyak berjatuhan di area kolam renang dan biasanya daun kering akan membawa debu lembut dari luar Sehingga mengakibatkan kolam renang cepat kotor dan berdebu untuk itu selalu bersihkan area sekitar kolam renang supaya kebersihan air kolam tetap terjaga.

Rutin Menyalakan Mesin Setiap Hari 4jam Sampai 8 Jam

Dengan menyalakan mesin sirkulasi setiap hari 4 jam sampai 8 jam maka kotoran debu dan yang berterbangan di air kemungkinan akan tersaring oleh sistem filter kolam renang. Sehingga langkah ini wajib dilakukan supaya kolam renang anda tidak mudah hijau, berlumut dan keruh.

Menjaga Kebersihan Ruang Mesin Supaya Mesin Kolam Tetap Awet.

Suapaya mesin dan filter kolam renang tetap dalam keadaan awet dan bersih, maka area ini wajib di bersihkan juga minimal 3 hari sekali, terutama dari kelembaban, sehingga di sarankan ruang mesin di atas supaya teknisi kolam bisa lebih mudah membersihkan ruang mesin. Kalau perlu 3 hari sekali usap dengan lap yang menyerap kotoran dan bilas dengan kanebo sedikit dikasih air. Ruang mesin hendaknya memiliki Ventilasi yang cukup supaya sirkulasi udara dalam ruang mesin bisa lancar. Sehingga di pastikan ruang mesin anda akan tetap keadaan kering dan bersih.

KEMBALI  KEDAFTAR PERTANYAAN

HOME